Selasa, 25 Oktober 2011

Referensi Biaya Instalasi Equipment

Sedikit menambahkan dan share saja, menurut pengalaman saya kalau untuk perhitungan pemasangan equipment, secara rule of thumb, dimana perhitungan order of magnitude nya secara kasar adalah dalam range 10-15% dari harga equipment tersebut.

Namun memang tepat sekali komentar dibawah,

Kalau untuk install equipment ada 3 faktor yang berperan yaitu biaya material consumable, biaya alat yang digunakan dan biaya manpower yang mengerjakan.
Untuk manpower dan alat yang digunakan tergantung harga sewa dan upah manpower daerah tertentu. Besar biaya ini juga tergantung dari planning pemakaian alat dan Manpower, semakin bisa memanage pemakaian alat & manpower secara efektif makin menekan biaya instalasi.


untuk lebih tepatnya, apalagi untuk kontraktor yang akan memberikan penawaran harga, memang harus dihitung secara mendetail dari resourcess yang diperlukan: Man,Material, Equipments/Tools..Termasuk juga transportasi, dlsb
Dan jangan lupa untuk industri migas, sudah seharusnya dipastikan dimasukkan cost untuk peralatan safety (PPE) dan HSE training required ..

Sekedar tambahan lagi,
Untuk perhitungan secara global, pada industri proses
ada juga yang disebut lang factor,
Lang Factor adalah ratio, total biaya main equipment (saja) dibanding dengan total installation cost (TIC).
Dimana termasuk biaya PMT, transportasi, equipment, instalasi, commisioning, dlsb...

Nilainya bisa s/d 5.0, namun dalam normal perhitungan, menurut pengalaman saya, biasanya menggunakan standard lang factor: 3 sd 4.0

0 komentar: