Selasa, 25 Oktober 2011

Cost Estimating methods



Dengan semangat sharing dan bertukar pikiran. Hanya sedikit menambahkan saja.

Methode Cost Estimating:
1. Parametric Modeling (Top down approach)
2. Methode bottom up, detailed estimating.

Dan Class-class estimates yang diperkenalkan oleh AACE utk setiap tahapan pengembangan (development) project benar sekali seperti yang digambarkan pak Kristiawan.

Cuma sedikit koreksi, apabila dalam mempersiapkan bid, saya yakin class estimate nya ada pada class 1- atau mendekati 5-10% accuracy. Dan sangat tidak masuk akal, bila yang digunakan adalah estimate dengan parametric modelling dg tingkat akurasinya yang masih besar sekali rangenya..

Walau saya terus terang tidak tahu apa yang terjadi di China (mohon di update lagi tentang kebenarannya).
Perusahaan O&G dan Industri di China mempunyai keterkaitan dan saling memback up, dalam artian barang2 (&Equipment) yang digunakan malah didorong oleh perusahaan O&G disana.
Tidak ada restriksi dengan AML (Approved Manufacturing/Vendor List)


Adanya kesinambungan database yang dimiliki oleh para estimator pada kontraktor dengan dunia Industrinya..
Dan memang Industrinya sudah siap mendukung..

Permasalahan yang terlihat klasik buat negara kita soal penguatan industri dalam negri (TKDN/Local Content). Pada saat ini jujur saja, saya belum melihat adanya penguatan Industri di Indonesia, dan Operator/Perusahaan Migas dapat mengatur (restriksi)spesifikasi sesuai dengan apa yang telah dimilikinya (similiarity), Global agreement, Latest Technology dan lain sebagainya.
Belum lagi dengan keberpihakan pemerintah dalam hal kemudahan birokrasi usaha dlsb untuk industri-industri pendukung Migas.
Sehingga akhirnya, menurut saya, Industri Indonesia akan selalu ketinggalan.

Tapi itu soal lain, kembali ke estimate untuk persiapan project setelah FEED dan persiapan pelaksanaan bid (pada owner) dan mempersiapkan bidding pada kontraktor.

Estimate yang dilakukan seharusnya pada range +10% - 15%..utk owner.
Kontraktor dalam menghadapi bid, seharusnya lebih kecil dari itu.

0 komentar: